Temu Ilmiah Arkeologi

Temu Ilmiah Arkeologi (TIA) adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Balai Arkeologi Sumatera Selatan setiap tahun. Temu Ilmiah ini dialkukan sebanyak dua kali dalam setahun. Dimana pertemuan pertama dilakukan pada tanggal 30-31 Januari 2017 dengan kegiatan untuk membahas dan mendiskusikan rancangan penelitian (research design) dari penelitian yang akan dilakukan untuk tahun ini.P ada pertemuan pertama ini narasumber adalah Prof. DR. Mundardjito dan DR. Fadjar Ibnu Thufail. Sedangkan moderator berasal dari Universitas PGRI Palembang yaitu Muhamad Idris, M.Pd dan Kabib Sholeh, M.Hum.

Adapun proposal penelitian yang dibahas berjumlah 12 rencana penelitian. Terdiri atas tiga kelompok penelitian berdasarkan kronologi waktu dan satu kelompok penelitian berdasarkan tema arkeologi maritim. Adapun judul penelitian tersebut antara lain: Penelitian Etnoarkeologi di Pulau Bangka oleh M. Nofri Fahrozi, Survei Bendungan Masa Kolonial di Sumatera Selatan oleh Titet Fauzi R., Survei Arkeologi Islam di Belitung dan Penelitian Naskah-naskah Kuno di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung oleh Wahyu Rizky A., dan Penelitian Persebaran Tinggalan Arkeologi di Sub DAS Komering oleh Dewi Patriana untuk penelitian berdasarkan kronologi Pasca Sriwijaya. Penelitian Tata Ruang Situs Masa Hindu Budha di Daerah Musi Rawas oleh Sondang M. Siregar dan Permukiman Manapo Akhyar dan Manapo Ruslan di Situs Muara Jambi, Kab. Muara Jambi, Provinsi Jambi oleh Retno Purwanti untuk penelitian berdasarkan kronologi Sriwijaya. Sedangkan untuk kronologi PraSriwijaya terdapat Penelitian Arkeologi Situs-situs Megalitik di Kota Pagar Alam oleh Kristantina Indriastuti, Survei Arkeologi di DAS Kikim dan penelitian Eksplorasi Tinggalan Prasejarah pada Kawasan Karst di Provinsi Jambi oleh M. Ruly Fauzi, serta Penelitian Pemukiman Kuno di Pantai Timur Sumatera, Kab. OKI oleh Budi Wiyana. Terakhir penelitian dengan tema arkeologi maritim dengan judul Penelitian Arkeologi Maritim di Perairan Belitung oleh Aryandini Novita.

Sasaran dari Temu Ilmiah Arkeologi ini adalah rancangan penelitian temati dari para peneliti Balai Arkeologi Sumatera Selatan. Adapun tujuan dari dilakukannya kegiatan ini adalah dihasilkannya penelitian yang sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian serta strategi dan metode yang sesuai. Melalui Temu Ilmiah Arkeologi ini diharapkan penelitian di Balai Arkeologi Sumatera Selatan ini dapat semakin baik dan dapat bermanfaat untuk masyarakat luas, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan.